Rabu, Maret 26, 2014

Penerapan Komputasi Modern pada Website Hiburan Disney Channel

Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan computer [1].
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern [3].
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam [2], yaitu:
1.    Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.    Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.    Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi [2]:
1.    Akurasi (big, Floating point)
2.    Kecepatan (dalam satuan Hz)
3.    Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4.    Modeling (NN & GA)
5.    Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam [2], yaitu:
1.    Mobile Computing atau Komputasi Bergerak Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
2.    Grid Computing Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
3.    Cloud Computing atau Komputasi Awan Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan komputasi modern yang diterapkan dalam website  Disney Channel. Disney merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang hiburan. Website Disney Channel menerapkan salah satu jenis komputasi modern yang ada, yaitu cloud computing (komputasi awan).
Tampilan halaman utama website http://www.disneychannel-asia.com/:
Tampilan halaman utama website sudah dapat menggambarkan keseluruhan isi website tersebut. Dapat diperhatikan paduan warna website tersebut sangat menarik untuk dilihat, gambar yang ditampilkan juga menonjolkan apa yang sedang populer atau diharapkan akan populer dalam website tersebut. Tampilan website yang sangat halus dikarenakan menggunakan flash dan javascript yang baik, sehingga menghasilkan perpaduan website yang menarik untuk ditelusuri. Karena channel Disney lebih diperuntukan untuk kalangan anak-anak yang masih kecil ataupun sudah mulai beranjak remaja channel ini lebih memberikan kesan lucu dan penuh warna.
 Bagian header website:
Header website Disney Channel menampilkan tokoh Disney yang ada di film-film yang sedang diputar di Channel tersebut. Masing-masing tokoh memiliki games nya (permainan) masing-masing yang dapat dimainkan oleh user dan tentu saja beberapa cuplikan film tokoh-tokoh tersebut yang menerapkan aplikasi cloud computing (komputasi awan).
Bagian side website:

Bagian samping kiri website yang memberikan jadwal acara yang terupdate di channel tersebut. Sedangkan untuk bagian kanannya menunjukan games apa saja yang baru ditambahkan dalam website tersebut.
Gambar diatas merupakan bagian tengah website yang menampilkan apa saja yang sedang populer di Disney sendiri dan apa saja yang harus diketahui para pencinta Disney Channel.
            Bagian dari website ini yang menunjukan bahwa website ini termasuk dalam website yang menerapkan komputasi modern adalah games yang disediakan website ini, yaitu:
Gambar diatas menunjukan games “Phinneas and Ferb Escape from Mole Tropolis” , games tersebut merupakan salah satu games dari ratusan games yang tersedia pada website tersebut. Penerapan yang digunakan adalah komputasi modern pada jenis komputasi awan, yang memberikan akses bermain kepada user tanpa harus melakukan instalasi game kedalam komputer user. Sehingga tidak akan memberatkan tempat penyimpanan data user, dan user dapat mencantumkan nama mereka jika berhasil mendapatkan skor yang tinggi.

Komentar :
Kelebihan yang dimiliki website Disney Channel adalah tampilan yang sangat menarik perhatian pengguna website, tanpa harus melihat lebih jauh apa saja isi dari website tersebut pengguna bisa saja hanya diam dan memperhatikan website tersebut karna tampilannya yang menarik. Games yang ada di website Disney dapat diakses tanpa harus menginstall program kedalam komputer user. Games yang disediakan pun terdiri dari berbagai macam genre (jenis) sehingga dapat dinikmati oleh penggemar games manapun. Saat membuka games juga hanya membutuhkan waktu yang singkat hingga user dapat menikmati games yang disediakan, karena games yang disediakan cukup ringan untuk dibuka dengan kecepatan internet yang stabil.
Tak ada gading yang tak retak. Website yang memiliki tampilan dan fungsi yang sangat kompleks ini membutuhkan kecepatan internet di atas rata-rata supaya dapat membuka setiap page dengan cepat. Dalam membuka permainan yang sudah ditentukan memang cukup cepat, tetapi saat membuka halaman website ini untuk pertama kalinya akan dirasa cukup lambat.


Refrensi
[1] Wikipedia (2013). Komputasi dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi diunduh pada Rabu, 26 Maret 2014.
[2] Winarno, Andi (2013). Komputasi Modern dalam http://cakrawalamaya.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html diunduh pada Rabu, 26 Maret 2014.
[3] Ririn (2013). Komputasi Modern dalam http://missririn.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern.html diunduh pada Rabu, 26 Maret 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar