Kamis, Oktober 03, 2013

Jasa Kotak Seserahan Pernikahan

Perencanaan Usaha Kotak Seserahan

Dalam perencanaan dalam membuat suatu usaha terdapat tiga faktor yang harus diperhatikan :

Modal
Dalam usaha kotak seserahan tidak diperlukan modal yang banyak. Karena, biasanya hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan kotak seserahan ini sudah disiapkan oleh pelanggan. Sehingga penyedia jasa tinggal melakukan penataan pada barang-barang seserahan sehingga menjadi sebuah kotak seserahan yang cantik. Kalau pun ada barang yang harus disediakan oleh penyedia jasa yaitu :

  • Kotak seserahan polos ukuran besar Rp30.000 , ukuran sedang Rp20.000, dan ukuran kecil Rp10.000
  • Lem tembak Rp7.000,-/ 5 buah
  • Kain dan pita Rp20.000
  • Permintaan biasanya membutuhkan  4 buah kotak besar, 1 set lem tembak, kain dan pita. Total modal : Rp147.000

Hasil
Hasil dari usaha kotak seserahan ini tergantung musim. Bila sedang musim pernikahan maka keuntungan yang didapat akan lebih besar. Untuk keuntungan yang didapat dari satu permintaan dengan 4 buah kotak yang harus dihias yaitu Rp200.000, dimana setiap satu kotaknya Rp50.000. Pada musim pernikahan biasanya terdapat 3-4 permintaan setiap bulannya. Sedangkan, pada hari biasa terdapat 1-2 permintaan setiap bulannya. Sehingga rata-rata penghasilan saat musim pernikahan adalah Rp600.000 – Rp800.000. Pada hari biasa adalah Rp200.000 – Rp400.000.
Jika barang disediakan oleh penyedia jasa, maka harga setiap kotaknya akan disesuaikan dengan modal yang dikeluarkan.

Lokasi
Keuntungan lain usaha ini adalah pekerjaan ini dapat dilakukan di dalam rumah.



Perekrutan Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah orang-orang yang memiliki jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi juga kemauan untuk belajar. Tenaga kerja tambahan hanya dibutuhkan ketika permintaan meningkat. Pada hari biasa tenaga kerja yang dibutuhkan hanya sekitar 2-3 orang.


Tanggung Jawab Sosial

Kotak seserahan yang dihasilkan akan sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan rapih dan kondisi yang sebaik-baiknya. Jika ada kotak seserahan rusak sebelum sampai pada tangan pelanggan akan diperbaiki tanpa adanya tambahan biaya.
Usaha ini tidak menghasilkan limbah apapun. Sampah-sampah yang ada dari sisa pekerjaan akan dibuang sesuai tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar